Pengertian Quick Sort dan implementasi

Posted by Catatan-ati Saturday 29 August 2015 4 komentar
Algoritma quick sort diperkenalkan pertama kali oleh C.A.R. Hoare pada tahun 1960, dan dimuat sebagai artikel di “Computer Journal 5” pada April 1962. Quick sort adalah algoritma sorting yang berdasarkan pembandingan dengan metoda divide-and-conqueror. Disebut Quick Sort, karena Algoritma quick sort mengurutkan dengan sangat cepat.

Algoritma quick sort mengurutkan dengan sangat cepat, namun algoritma ini sangat komplex dan diproses secara rekursif. Sangat memungkinkan untuk menulis algoritma yang lebih cepat untuk beberapa kasus khusus, namun untuk kasus umum, sampai saat ini tidak ada yang lebih cepat dibandingkan algoritma quick sort.

Quick Sort merupakan suatu algoritma pengurutan data yang menggunakan teknik pemecahan data menjadi partisi-partisi, sehingga metode ini disebut juga dengan nama partition exchange sort. Untuk memulai irterasi pengurutan, pertama-tama sebuah elemen dipilih dari data,  kemudian elemen-elemen data akan diurutkan diatur sedemikian rupa


Strategi divide-and-conqueror digunakan di dalam quicksort.
Di bawah iniakan dijelaskan langkah-langkahnya :

  • Pilih nilai pivot Kita ambil nilai di tengah-tengah elemen sebagai sebagai nilaidari pivot  tetapi bisa nilai mana saja.
  • Partisi  Atur ulang semua elemen sedemikian rupa, lalu semua elemen yang lebihrendah daripada pivot dipindahkan ke sebelah kiri dari array/list dan semuaelemen yang lebih besar dari  pivot dipindahkan ke sebelah kanan dari array/list. Nilai yang sama dengan pivot  dapat diletakkan di mana saja dari array. Ingat,mungkin array/list akan dibagi dalam bagian yang tidak sama.
  • Urutkan semua bagian (kiri/kanan)  Aplikasikan algoritma quicksort secararekursif pada bagian sebelah kiri dan kanan.

Algoritma Partisi secara detail

Ada dua indeks i dan j dan pada awal algoritma partisi i menunjuk ke elemen  pertama dalam array dan poin j yang terakhir. Kemudian algoritma menggerakkan i ke depan, sampai elemen dengan nilai yang lebih besar atau sama dengan pivot ditemukan. Indeks j bergerak mundur, sampai elemen dengan nilai yang lebih rendah atau sama dengan pivot
ditemukan. Jika i ≤ j maka mereka bertukar dan saya
langkah ke posisi berikutnya (i + 1), langkah-langkah j dengan yang sebelumnya (j - 1). Algoritma berhenti, ketika saya menjadi lebih besar dari j. Setelah partisi, semua nilai sebelum elemen ke-i kurang atau sama dengan pivot dan semua nilai setelah elemen ke-j lebih besar atau sama dengan pivot.


Kelebihan
Algoritma Quicksort memiliki kompleksitas O(n log n) dimana pada  prakteknya lebih cepat dari algoritma pengurutan lainnya.
Kekurangan
Pada kemungkinan terburuknya, algoritma Quicksort ini dapat memiliki kompleksitas O(n2). Meskipun ini sangat langka terjadi

Image Exampel Quick Sort





Video Exampel Quick Sort



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA
Judul artikel :Pengertian Quick Sort dan implementasi
Ditulis oleh :Catatan-ati
Rating Blog :5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip,baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke: http://catatan-ati.blogspot.com/2015/08/pengertian-quick-sort-dan-implementasi.html.Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Unknown said...

membuat motivasi

Unknown said...

information is very good...
thank you so much...

Unknown said...

information is very good...
thank you so much...

Shikamaru Nara said...

yuhuu, bermanfaat sekali min
Solder uap

Post a Comment




Copyright of Catatan-ati.